Breaking

Friday, February 2, 2018

Penulisan Surat Lamaran Yang Baik Dan Benar

Penulisan surat lamaran hampir sama pentingnya keterampilan seorang pencari kerja untuk belajar menulis resume. Artikel ini dipersembahkan oleh http://www.jayarayarentcar.com yang menyediakan jasa sewa mobil Pontianak. Surat lamaran menyertai resume setiap saat sebagai dokumen pendukung utama. Apakah Anda menggunakan surat tradisional, email, fax, atau jenis pengiriman elektronik lainnya, ini harus selalu dikirim dengan resume. Tentu saja ada alat lain yang akan Anda gunakan saat mencari pekerjaan.

Surat lamaran dan resume Anda datang pertama-tama, diikuti oleh surat tindak lanjut, surat terima kasih untuk setelah wawancara, lembar referensi, riwayat gaji, dan surat penerimaan kerja. Jika Anda memiliki kemampuan menulis surat lamaran yang baik, dan kemampuan menulis resume yang baik, alat tulis lainnya harus mudah dikompres.

Tujuan Anda dalam hal ini adalah untuk mendapatkan perhatian dari manajer perekrutan, sama seperti dengan menulis resume. Metode dan formatnya sedikit berbeda. Resume Anda akan mencakup semua, atau sebagian besar karir profesional Anda, dan akan dari satu ke dua halaman.

Surat lamaran Anda akan menjadi halaman yang sangat singkat yang berfungsi sebagai pengantar resume. Gaya penulisan surat lamaran harus langsung, to the point, dan bisa menarik perhatian pembaca dengan cepat, dengan tujuan membuat pembaca ingin membaca resume terlampir.

Banyak orang, saat terlibat dalam jenis tulisan ini, memiliki kecenderungan untuk mengatakan terlalu banyak. Penulisan surat lamaran yang baik pendek dan mudah, dan akan mengambil dua atau tiga poin penting dari resume dan menekankannya. Pepatah lama "katakan pada mereka apa yang akan Anda katakan kepada mereka, katakan pada mereka, dan katakan pada mereka apa yang Anda katakan kepada mereka" berlaku baik dalam menulis resume dan menulis surat lamaran.

Sebagai contoh, mari kita asumsikan bahwa Anda adalah manajer penanganan material untuk kontraktor pembela, mencari posisi lain. Di bidang pekerjaan Anda kata-kata buzz adalah MRP, lean manufacturing, ISO 9000, dan penghematan biaya. Upaya menulis Anda harus mencerminkan kata-kata buzz ini untuk menunjukkan nilai Anda kepada atasan Anda saat ini dan calon majikan lainnya. Resume Anda akan membahas lebih rinci bagaimana Anda mencapai tujuan ini.

Surat pengantar hanya akan menunjukkan kepada manajer perekrutan bahwa Anda telah menyelesaikannya. Contoh dari ini adalah dua paragraf bulet di badan surat yang mengatakan ....


  • Berpengalaman dalam penjaminan mutu dan kontrol kualitas, MRP, ISO 9000, QS 9000, dan Lean Manufacturing.
  • Menunjukkan hasil penghematan uang yang signifikan bagi pengusaha melalui penghematan biaya, pengurangan tingkat persediaan, dan pengiriman pemasok tepat waktu.

Manajer perekrutan, menurut banyak survei, hanya menyediakan sekitar lima belas detik untuk setiap resume dan surat lamaran yang dia tinjau. Dengan pemikiran bahwa kemampuan menulis Anda perlu menjadi perhatian utama agar orang tersebut dapat melihat resume Anda.

Kemampuan menulis resume Anda harus sama baiknya agar pembaca ingin memberikan wawancara kepada Anda. Pada gilirannya, keterampilan wawancara Anda harus sangat baik untuk meminta manajer perekrutan untuk memberi Anda posisi. Rangkaian peristiwa yang panjang dan penuh harapan ini diawali dengan kemampuan menulis surat lamaran yang baik dan diakhiri dengan kepuasan kerja dan gaji yang bagus.

No comments:

Post a Comment